Kamis, 17 November 2016

Menuju PAUD Inklusi, part 1

Dewasa ini banyak tantangan-tantangan dalam penyelenggaraan lembaga PAUD, dari masalah teknis maupun praktek. Tantangan-tantangan itu menuntut lembaga PAUD baik pengelola maupun pendidik harus terus memperbaiki pelayanan bagi anak didik tanpa terkecuali. Baik kondisi anak didik tersebut normal maupun anak berkebutuhan khusus (ABK). Maka disinilah dibutuhkan PAUD yang menyelenggarakan inklusi. 

Jadi apakah yang dimaksud dengan pendidikan inklusi ? jika menurut Sapon-Shevin dalam O'Neil (1994/1995) didefinisikan sebagai sebuah layanan pendidikan khusus dimana ABK dapat dilayani di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya. Hal ini sangatlah penting karena selama ini di masyarakat kita melihat bahwa ABK adalah anak yang berbeda dan ternyata menimbulkan banyak hal-hal yang negatif diantaranya anak yang berkebutuhan khusus menjadi minder sekaligus orang tuanya juga mempunyai perasaan malu. Nah disinilah pentingnya pendidikan inklusi.

Landasan diadakannya pendidikan inklusi diantaranya adalah UUD 1945 pasal 31 " Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan", UU No. 20 tahun 2003 pasal 5 "Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu " dan masih banyak lagi landasan dari diselenggarakannya pendidikan inklusi. 

Kenapa harus diselenggarakan pendidikan inklusi di PAUD ? PAUD adalah lembaga yang diperuntukkan bagi anak dari umur 0 - 6 tahun, dimana masa itu adalah masa keemasan (golden age) mereka. Dari sinilah mereka sangat mudah merekam segala sesuatu yang dilihat, didengar maupun dirasakan. Dengan bersosialisasi bersama anak berkebutuhan khusus, mereka bisa belajar bagaimana cara berempati. Tak lupa ABK pun juga bisa percaya diri dengan bersosialisasi bersama teman-teman normal seusianya, mereka juga bisa mengembangkan imajinasinya.

Jika kita pikirkan dan rasakan pastinya sulit menyelenggarakan pendidikan yang inklusi pada ABK. Tapi ada langkah awal yang sangat penting yang bisa memudahkan jalan kita !!!.... bersambung




EmoticonEmoticon